Jumat, 29 Juni 2012


MAU SEHAT YA....

Tips Cara Pola Hidup Sehat

Tips Cara Pola Hidup Sehat  - Kesehatan merupakan anugerah yang tidak ternilai harganya. Apalah guna banyak harta tapi selalu sakit. Untuk mencapai hidup sehat harus di awali dengan pola hidup sehat. Dan untuk memperoleh sehat jasmani serta rohani juga tidak harus mahal.

Setiap irang mendambakan hidup sehat. Adakah tips pola hidup sehat? Untuk mewujudkan hidup sehat sebenarnya mudah. Dan siapa bilang hidup sehat harus mahal? Berikut ini tips hidup sehat dari artikel online blog tips cara belajar yang di peroleh dari berbagai sumber di internet. Dan setelah di capai hidup sehat menarik juga kali kalau mau  Belajar Mencari Uang Dari Blog  atau   Tips Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri


1. Bersosialisasi dan Begaul
Orang yang senang bersosialisasi ternyata memiliki kesehatan yang baik di banding yang tidak suka bersosialisasi. Ada sebuah studi yaitu di Harvard School of Public Health. Dimana dalam study tersebut ditemukan bahwa pria yang berusia sekitar 70-an tahun yang memiliki hubungan sosial yang baik ternyata memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mengalami kerusakan atau penyakit jantung.

2. Menarik napas dalam-dalam
Kelihatannya sepele dan setiap orang bisa melakukannya. Dalam sebuah studi dari Health Psychology menemukan kalau ternyata orang dewasa sehat dengan tingkat kebencian atau tidak sabar memiliki fungsi paru-paru yang rendah. Para peneliti tersebut berpikir kalau penurunan nilai tersebut akan terakumulasi secara pelan dan bertahap selama bertahun-tahun yang dampaknya akan merugikan kesehatan.

Bagaimana cara mengatasinya? Dianjurkan untuk sering-sering menarik napas dalam dalam dengan hitungan hingga 10 kali. di katakan bahwa hal ini bisa mencegah terjadinya penurunan fungsi paru-paru.

3. Berjemur di Bawah sinar matahari Pagi atau Sore Hari
Berjemur juga bisa berdampak positif pada kesehatan. Ada sebuah studi yang dipimpin oleh para peneliti dari Harvard School of Public Health di mana mereka telah menemukan kalau pria yang hanya memiliki kadar vitamin D yang rendah ternyata dua kali lebih beresiko mengalami serangan jantung.

Cara mengatasinya adalah dengan mandi atau bisa juga berjemur pada pagi hari (dibawaj jam 10 pagi) di bawah sinar matahari atau bisa juga pada sore hari setelah jam 15 (jam 3 sore). Cara ini bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit mematikan tersebut.

4. Berhubungan seks yang sehat Dengan Pasangan Resmi
Tentu saja hal ini harus di lakukan pada pasangan yang resmi menikah. Ada sebuah penelitian dari Wilkes University yang menunjukkan kalau berhubungan seks yang baik dan sehat antara sekali atau dua kali dalam seminggu dan dapat meningkatkan level imunoglobulin A, yaitu sebuah antibodi yang akan melindungi tubuh dari flu dan infeksi lainnya.

5. Tidur dan istirahat yang cukup
Jangan paksa fisik untuk melakukan sesuatu jika dalam kondisi yang kurang fit. Semua anggota tubuh juga butuh istirahat. Seorang peneliti di Stanford telah menemukan kalau orang yang tidur kurang dari 8 jam sehari ternyata memiliki indeks massa tubuh atau BMI yang berbanding terbalik dengan durasi tidur.

Tidur dengan waktu yang singkat ternyata juga terkait dengan rendahnya tingkat leptin (hormon yang menekan nafsu makan) dan tingkat ghrelin lebih tinggi (zat kimia yang merangsang nafsu makan). Dan ternyata inilah yang menyebabkan bahwa orang yang kurang tidur menjadi lebih banyak makan.

6. Lakukan Olahraga dan bergerak
Pilihlah olahraga yang murah meriah seperti jogging atau jalan kaki. Jogging atau jalan kaki sudah bisa membuat tubuh Anda sehat dan dapat mencegah menumpuknya lemak dan kalori dalm tubuh. 


Tips Pola Hidp Sehat Berikutnya



  1. Kurangi makanan berlemak tinggi, seperti mentega, margarine, dan santan. Lebih baik dapatkan asupan lemak alami dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Lupakan jeroan, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam dan kuning telur. Pilihlah daging tanpa lemak, makanan berkuah bening, susu rendah lemak, susu kedelai, yogurt, putih telur, dan ikan sebagai sumber protein yang baik

  2. Sedapat mungkin hindari bahan pangan atau bahan pengawet yang dalam jangka panjang dapat menjadi pemicu kanker.

  3. Pilih makanan atau minuman yang berwarna putih alami (bukan di-bleach). Gunakan pewarna dari bahan makanan misalnya warnet coklatnya dari bubuk coklat, merahnya strowbery, kuningnya kunyit, dan hijaunya daun suji. Jangan menambahkan saus, kecap, garam dan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan. Perbanyak makan buah dan sayuran.

  4. Teknik pengolahan makanan juga mempengaruhi mutu makanan. Pilih makanan dengan metode memasak dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak.

  5. Perbanyak minum air putih, mineral 8 gelas sehari, hindari minuman beralkohol, bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. 
    • Hill DJ, Hosking CS, Heine RG. Clinical spectrum of food allergy in children in Australia and South-East Asia: identification and targets for treatment. Ann Med. 1999;31(4):272-281.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar