Jumat, 29 Juni 2012


 PENGEN SUKSES MELAMAR PEKERJAAN DAN MENDAPATKAN PEKERJAAN YANG COCOK....?????????????? 

WAJIB BACA DI BAWAH INI !!!!!!!!!!!




Syarat utama mencari kerja yang termudah apabila si pelamar kerja lulusan sarjana S1 dan nilai IPK di atas 3. Semakin tinggi level pendidikan semakin mudah. Namun, bagi yang hanya lulusan D3, D1 dan SLTA (SMK, SMA, MA) tidak perlu kecil hati. Karena ada juga peluang kerja untuk lulusan level pendidikan tersebut walau tidak sebanyak yang lulusan S1 ke atas. Jurusan teknik, finansial, manajemen dan psikologi juga menjadi jurusan favorit untuk niche lowongan pekerjaan tertentu. Jangan lupa memperhatikan beberapa tips berikut dalam mencari kerja.

DAFTAR ISI

  1. Persiapan Melamar Kerja
  2. Profil Pribadi di Internet
  3. Mengasah Keterampilan (Soft Skill)
  4. Tips Khusus Fresh Graduate

PERSIAPAN MELAMAR KERJA

1. Surat-surat lengkap.
2. Datang tepat waktunya.
3. Berpakaian yang rapi dan sopan.
4. Mencantumkan referensi secukupnya dalam CV.
5. Bicara teratur dan jujur.
6. Rambut rapi.
7. Mencantumkan hobi yang relevan di CV.

PROFIL PRIBADI DI INTERNET

Masukkan profil dan curriculum vitae (CV) Anda di internet. Baik di blog pribadi, website pribadi, linked-in, dan media sosial utama seperti Facebook, Twitter, Google Plus.

Data pribadi yang dimasukkan ke internet bertujuan agar saat orang mencari tentang profil kita di Google, data yang kita tulis sendirilah yang akan tampil pertama di hasil pencarian. Ini penting karena banyak konsultan pencari kerja akan melihat biodata pelamar dari internet selain dari data yang disampaikan pelamar sendiri. Jadi, pastikan biodata profil Anda berada di halaman pertama Google.

MENGASAH KETERAMPILAN (SOFT SKILL)

Perbanyak keterampilan yang dimiliki. Luangkan waktu untuk mengikuti berbagai kursus terutama seputar komputer, internet, bahasa Inggris, administrasi, kesekratiatan dll. Dan pastikan Anda mendapat sertifikat dari setiap kursus pelatihan yang diikuti. Kemampuan riil itu penting, tapi sertifikat juga tak kalah pentingnya sebagai bukti awal. Terutama kalau Anda seorang fresh graduate (baru lulus sekolah atau kuliah).


TIPS KHUSUS FRESH GRADUATE

Kalau Anda seorang fresh graduate alias baru lulus sekolah atau kuliah, maka sangat disarankan agar tidak terlalu pilih-pilih pekerjaan. Ambil saja pekerjaan yang diterima lamarannya walaupun mungkin gaji dan fasilitas kurang memuaskan. Tujuannya agar status Anda setelah bekerja berubah menjadi "sudah berpengalaman." Karena pelamar kerja yang "fresh graduate" dengan yang "berpengalaman" itu berbeda nilainya di mata perusahaan pencari tenaga kerja.

Jadi, ibaratkan pekerjaan pertama sebagai investasi untuk menanam nama baik di mata pencari tenaga kerja berikutnya. Tentu saja kalau dapat pekerjaan ideal saat fresh graduate akan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar