Senin, 18 Juni 2012

Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri

Materi Layanan

Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri
Menurut Yusuf, dkk (2004:19) mengemukakan bahwa memunculkan atau membangun kepercayaan diri pada seseorang, maka individu harus dapat menghilangkan sifat-sifat negatif seperti rendah diri, rasa malu, rasa takut melakukan sesuatu, frustasi, perasaan cemas, atau bahkan sifat agresif.
Sedangkan menurut Burhanudin, dkk ( 2004:100) memberikan beberapa cara untuk meningkatkan kepercayaan diri yaitu : a) komitmen kepada keunggulan, b) meningkatkan daya tarik dalam diri, c) berani mengambil resiko dan tantangan, d) menciptakan sifat ingin menjadi pemenang, e) mengasah bakat kepemimpinan.

Adapun penjelasan dari kutipan diatas adalah sebagai berikut :
a.       Komitmen kepada keunggulan
Komitmen pada keunggulan dari individu menunjukkan adanya niat, keteguhan hati, yakin akan sesuatu, serta motivasi untuk selalu hidup diatas rata-rata. Agar dapat meningkatkan kepercayaan diri maka diperlukan adanya komitmen pada diri individu agar dapat menghasilkan sesuatu bernilai tinggi. Individu harus yakin akan keunggulan yang dimiliki.
b.      Meningkatkan daya tarik dalam diri
Daya tarik diri memberikan rasa percaya diri yang tinggi. Daya tarik diri tidak saja berkaitan dengan penampilan lahiriah, tetapi juga berhubungan erat dengan batiniah.
c.       Berani mengambil resiko dan tantangan
Agar individu menjadi percaya diri, maka diperlukan adanya keberanian mengambil resiko dan tantangan. Semakin terlatih individu untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, akan semakin kecil dampak negatif dari resiko yang diterima.
d.      Menciptakan sifat ingin menjadi pemenang
Sikap ingin menjadi pemenang adalah sikap yang kuat untuk mencapai keberhasilan. Individu yang mempunyai sifat ingin menjadi pemenang akan terus berjuang sampai mencapai tujuan utama dan merayakan setiap keberhasilan yang telah dicapai dalam proses tersebut.
e.       Mengasah bakat kepemimpinan
Pemimpin yang sukses dicirikan dengan adanya tekad yang kuat, mempunyai kemauan yang kuat untuk memimpin dan menjalankan kekuasaan, menunjukkan kejujuran dan integritas serta sangat percaya diri.
Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri karena kepercayaan diri merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Upaya yang perlu dilakukan yaitu penanaman sifat-sifat kepercayaan diri dengan belajar perilaku baru, menghilangkan sifat-sifat negatif seperti rendah diri, rasa malu, rasa takut melakukan sesuatu, frustasi, perasaan cemas, atau bahkan sifat agresif, komitmen kepada keunggulan, meningkatkan daya tarik dalam diri, berani mengambil resiko dan tantangan, menciptakan sifat ingin menjadi pemenang, mengasah bakat kepemimpinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar